khazanah Ilmu Blog

Beranda » Aprime » Berita » Campur Tangan Pasukan Hizbullah di Suriah

Campur Tangan Pasukan Hizbullah di Suriah


Suriah (30/5/2013), Pemimpin Hizbullah mengatakan apa yang terjadi di Suriah adalah sebuah kehancuran total negara secara keseluruhan.

Pemimpin kelompok Hizbullah Libanon mengatakan bahwa pemberontak Suriah tidak akan mampu mengalahkan rezim Presiden Bashar al-Assad militer.

Hassan Nasrullah, yang berbicara dalam pidato televisi pada hari Selasa, mengatakan bahwa Suriah mempunyai “teman sejati di wilayah ini”, menyindir bahwa kelompok bersenjata yang didukung Iran itu akan campur tangan di sisi pemerintah jika diperlukan.

Kekuatan kelompok Syiah telah diketahui mendukung pejuang rezim Suriah di desa-desa Syiah di dekat perbatasan Lebanon melawan pemberontak yang sebagian besar Sunni berjuang untuk menggulingkan Assad.

Dia pun menuturkan bahwa tuduhan terhadap rezim telah menggunakan senjata kimia merupakan upaya untuk membenarkan intervensi asing di Suriah, “sebagaimana negara-negara lain telah hancur di masa lalu”.

“Tujuan dari apa yang terjadi di Suriah tidak hanya untuk menghapus Suriah dari sumbu perlawanan, seperti yang kita sering mengatakan, atau untuk menghapusnya dari konflik Arab-Israel,” kata Nasrullah.

“Tujuannya tidak lagi untuk mengambil alih negara dari rezim saat ini. Tujuan dari semua orang yang berdiri di belakang perang di Suriah adalah untuk menghancurkan Suriah sebagai sebuah negara, sebagai manusia, sebagai masyarakat dan tentara,” tuturnya.

“Mereka tidak ingin negara kuat atau tentara di Suriah – mereka ingin menjadi negara gagal, yang tidak memiliki kendali atas sumber daya.”

Lebih banyak dukungan untuk Assad

Tapi komentar Nasrullah merupakan indikasi terkuat bahwa kelompoknya siap untuk mendapatkan lebih banyak terlibat untuk menyelamatkan rezim yang diperangi Assad.

“Suriah memiliki teman sejati di wilayah tersebut, dan dunia yang tidak akan membiarkan Suriah jatuh ke tangan Amerika atau Israel,” penuturan Nasrullah.

“Ada beberapa orang (pejuang Hizbullah) yang membela masjid ini dan beberapa yang meninggal membela masjid ini Melalui pertahanan mereka, mereka mencegah perselisihan sektarian masjid ini untuk semua umat Islam,.. Kami tidak menuduh kaum Sunni,” tutur Nasrullah.

Hizbullah dan Iran adalah sekutu dekat Assad. Keduanya telah dituduh oleh pemberontak mengirim pejuang untuk membantu tentara Suriah mencoba untuk menghancurkan pemberontakan Suriah dua tahun lalu.

Nasrullah juga menyarankan para pejuangnya berada di Suriah untuk melindungi masjid suci Syiah “Sayyidah Zainab, di selatan Damaskus.

Dia menuturkan bahwa pemberontak mampu menguasai beberapa desa di sekitar masjid dan ada pria bersenjata yang dikerahkan ratusan meter dari masjid yang terancam untuk dihancurkan.

Meskipun telah ada perkembangan spekulasi tentang peran Hizbullah dalam konflik sebelah (Suriah), kekerasan di Suriah telah berlangsung, termasuk di ibukota, di mana sebuah bom kuat pada Selasa merusak sebuah distrik komersial, dan menewaskan sedikitnya 14 orang.

Ledakan itu menghancurkan bagian depan toko, mengatur mobil terbakar dan membawa perang sipil Suriah ke jantung Damaskus untuk hari kedua berturut-turut.

Pada hari Senin, perdana menteri Suriah lolos dari upaya pembunuhan setelah sebuah bom mobil yang ditargetkan konvoinya itu melaju melalui lingkungan kelas atas Damaskus.

Pemboman muncul sebagai bagian dari percepatan kampanye oleh pasukan oposisi untuk menghancurkan rezim Assad di pusat ibukota yang terjaga dengan ketat.(source: m.aljazeera/KhazanahIlmublog, 1/5/13)


Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: