khazanah Ilmu Blog

Beranda » Kesehatan & Pengobatan » Kedisiplinan Hidup Dalam Menjalankan Dien, Memberikan Faidah Kesehatan Bagi Jiwa & Raga

Kedisiplinan Hidup Dalam Menjalankan Dien, Memberikan Faidah Kesehatan Bagi Jiwa & Raga


Seandainya seorang muslim dapat mendisiplinkan hidupnya dalam tiap-tiap peribadahan dan adab-adab kehidupannya niscaya ia tidak butuh kepada olahraga yang berlebihan, terlebih lagi sampai membeli alat-alat olahraga yang harganya mahal. Karena di antara hikmah shalat saja terdapat olahraga yang sangat bermanfaat bagi tubuh itu sendiri (catatan: tapi bukan shalat express seperti diketahui umumnya di sini)

Oleh karenanya hadits-hadits yang berkaitan dengan sesuatu yang bersifat olahraga hanya sebatas, lari-lari kecil, berkuda, belajar memanah. Hal tersebut pun tujuannya agar siap dalam berjihad di samping untuk kebaikan tubuh itu sendiri.

ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang: makan ketika lapar berhenti sebelum kenyang [1], dalam hal tersebut terkandung manfaat bagi kesehatan
ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang: minum sambil duduk, dalam hal ini pun terkandung manfaat bagi kesehatan
ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang: makan dengan tangan kanan (bukan sendok/sumpit) dalam hal ini pun terkandung manfaat bagi kesehatan
ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang: anjuran puasa sunnah, dalam hal ini pun terkandung manfaat bagi kesehatan (baik jasmani maupun ruhani)
Dan masih banyak lagi sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bila manusia hendak memperhatikannya niscaya hanya akan mendapatkan berbagai maslahat bagi manusia itu sendiri.

Sebagaimana disebutkan dalam kitab-kitab Qawaa`id Fiqhiyyah:

“Ad-Dienu Mabniyyun ‘alal Mashalih fii Jalbiha wa dar-i lil Qaba`ih wad-Dienu Ja-a Li-Sa’adatil Basyar”

(Agama dibangun di atas kemaslahatan untuk mendatangkan kemaslahatan dan menolak keburukan, dan Agama datang untuk kebahagiaan manusia.)

Oleh karenanya Kesempurnaan Islam meliputi keseluruhan aspek kehidupan manusia dan seisi dunianya

Tiap-tiap hal terlarang sudah pasti ada mafsadatnya hanya saja kebanyakan manusia tidak mengetahuinya, dan tiap-tiap hal yang diwajibkan maupun disunnahkan sudah pasti ada maslahatnya namun kebanyakan manusia tidak mengetahuinya.

Tiap-tiap aturan yang telah Allah ta’ala dan Rasul-Nya tetapkan bagi manusia sudah pasti untuk kebahagiaan manusia itu sendiri dan keadilan bagi manusia itu sendiri.

Banyak hikmah yang tidak bisa diketahui oleh umumnya manusia karena mereka tidak mau mengenal diennya lebih mendalam namun mereka lebih mendalam terhadap urusan dunianya yang sebenarnya urusan dunia mereka itu pun sudah terdapat dalam dien, maka dari itu jika engkau dapatkan seseorang galau berkepanjangan, stress berkesinambungan karena ketidak inginan mereka dalam mendalami agama Islam yang dianutnya.

Alhamdulillah wa Syukurillah, semenjak kami berupaya mendekatkan diri terhadap Dien yang haq ini, kehidupan kami lebih baik, lebih bahagia, lebih nyaman, lebih tenang, lebih mampu mengatasi problematika hidup yang kami pecahkan dengan merujuk kepada “Ulumuddien” (ilmu agama) yang murni yang berlandaskan kepada Al-Qur’an & As-Sunnah ‘ala Fahmis Salaf, Laa bil Bida’ Walaa Bil Ahwa, Walaa Bi-Rayi (tanpa bid’ah yang hanya mempersulit hidup, tanpa hawa nafsu yang merugikan diri, dan tanpa rasio yang bertentangan dengan Al-Haq)

Meskipun bukan berarti hidup kami tak ada masalah dan kesulitan, namun inabah (kembalinya) kita kepada Rabb akan mendatangkan maslahat yang besar dan banyak bagi kehidupan kita.

Semoga uraian singkat dari “Life Lesson” (pelajaran hidup) kami ini bermanfaat, walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

[Selasa, 26 Jumadi Tsani 1434 H / 7 Mei 2013 M, Tangerang Selatan]

_____________
1. Catatan: Sanad Hadist ini dha’if namun maknanya shahih dan bisa diamalkan insya Allah, lihat fatwa Samahatusy Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah untuk lebih lanjut, Fatwa Samahatusy Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah


Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: