khazanah Ilmu Blog

Beranda » Kajian: Tazkiyatun Nufus » MALAM MINGGU TANPA MAKSIAT

MALAM MINGGU TANPA MAKSIAT


Nasehat Malam Minggu_347x261

TAZKIYATUN NUFUS: NASEHAT MALAM MINGGU

Maksiat itu datang menghampiri dan kadang tidak disadari oleh pelakunya, oleh karena itu jangalah mencari-cari sesuatu yang akan menghampirimu dan sungguh celaka orang-orang yang mencarinya sehingga ia akan berkelakar gembira dengan hawa nafsunya dan setan yang menyertainya.

Akibat maksiat terkadang tidak terasa langsung di dunia dan ini tentunya mengerikan karena akan dibalas di Hari Kiamat -waliya’udzubillah- dan terkadang terasa langsung di dunia maka ini adalah iqab (balasan) yang sebenarnya akan meringankan beban dosanya di Hari Pembalasan.

Kalau mau mengikuti akal sehatnya tentu dirinya akan bergumam: “Kemarin aku celaka gara-gara mengikuti hawa nafsuku dan akibatnya nama baik-ku menjadi buruk dan aku menjadi hina di sisi Rabb dan manusia,”

Namun apabila hawa nafsunya dikedepankan tentu ia akan berkata: “Sungguh kemarin itu hanyalah balasan yang kecil, toh kamu sudah selamat dari azab yang kemarin dan sekarang ini kamu bebas melakukan apa pun yang kau mau, dan ingatlah!! bahwa hari ini dan kemarin itu berbeda oleh karena itu ayolah kita bersenang-senang menikmati dunia ini dengan sepuas-puasnya.”

Tidaklah seseorang celaka melainkan ia membiarkan akal sehatnya dikalahkan oleh hawa nafsunya dan tidaklah seseorang beruntung melainkan akalnya lebih menguasai hawa nafsunya sehingga terkurunglah hawa nafsu dan setan pun hanya bisa mengitari di pinggiran wilayah benteng hati.

Jalan menuju Surga itu memang tidak menyenangkan dan jalan menuju neraka itu sangat menyenangkan sekali, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

خُفَّتِ الجَنَّةُ بِالمَكَارِهِ وَخُفَّتِ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِ
“Surga itu dikelilingi dengan perkara-perkara yang dibenci sedangkan Neraka itu dikelilingi dengan syahwat.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Life is a choice, then choose which one you wanna reach for !?


Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: