khazanah Ilmu Blog

Beranda » Tanya - Jawab » Hukum Melangkah Ketika Shalat Untuk Mencari Sutrah ?

Hukum Melangkah Ketika Shalat Untuk Mencari Sutrah ?


Bagaimanakah Hukum Orang yang sedang shalat masbuk pada rakaat setelah imam selesai shalat, apakah dia harus melangkah mencari sutrah (pembatas) atau dia tetap pada tempatnya dan tidak mencari sutrah? Soal-Jawab ini saya coba kutip dari fatwa Al-’Allamah Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah.

أرى البعض من الشباب إذا سلم الإمام من الصلاة وبقي على هذا الشاب بعض الركعات فإنه يتقدم بعض الخطوات إلى الأمام؛ لكي يمنع المارين عن المصلين الآخرين، فهل فعله هذا صحيح، وهل خطواته تلك تبطل الصلاة؟

PERTANYAAN :
Saya melihat pada sebagian pemuda jika imam shalat telah salam (selesai) dan tersisa untuk pemuda ini beberapa rakaat maka dia melangkah beberapa langkah ke depan untuk mencegah orang yang lewat dari jamaah shalat yang lain, apakah perbuatan ini benar ? dan apakah melangkah ini membatalkan shalat ?

لا يضره إن شاء الله، خطوات يسيرة حتى يمر الناس من وراءه لا يضره ذلك إن شاء الله إن كان بقي عليه صلاة قضى، لكن كونه يبقى في مكانه ويصلي في مكانه الحمد لله، أولى من التقدم.

JAWAB :
Tidak memudharatka (membatalkan) shalatnya insya Allah Melangkah sedikit sehingga orang-orang bisa lewat di belakang orang yang shalat, ini tidak membatalkan shalatnya, insya Allah. Jika masih ada raka’at yang tersisa, maka sempurnakanlah. Namun jika ia tetap pada tempatnya, dan shalat tetap pada tempatnya, alhamdulillah, ini lebih utama daripada melangkah”.(Fatwa Syaikh Bin Baaz)


Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: