khazanah Ilmu Blog

Beranda » Artikel Pilihan » Biografi

Biografi


Di antara faktor terbesar terpeliharanya as-Sunnah, ialah Alloh -Subhanahu Wa Ta’ala- memberi taufik kepada para tokoh Ulama yang telah membaktikan seluruh usia mereka untuk mengkodifikasi Sunnah, menghafal, mempelajari, mengajarkan, membela, dan memurnikannya dari campuran yang dimasukkan ke dalamnya oleh kaum Ahli Bid’ah. Para ulama terkemuka, dan para imam yang mulia, adalah buah-buah yang baik lagi penuh berkah bagi dakwah Islam yang abadi. Para tokoh yang terdidik dengan Islam, terbina untuk Islam. Melalui merekalah Allah meninggikan panji-Nya, menjayakan syariatNya.

Tidak diragukan lagi bahwa mempelajari biografi ulama terkenal dan orang-orang yang memiliki keutamaan menghasilkan sejumlah faidah, di antaranya:

  1. Mendidik para pemuda kebangkitan Islam sebagaimana para Ulama terkemuka terdidik, sehingga tersulam sesuai metode mulia, menempati tempat-tempat kebajikan dan memberikan kebaikan. Sehingga kisah hidup mereka bisa dibaca oleh orang  yang tidak melihat rupa mereka secara langsung, dan kebaikan-kebaikan mereka bisa disaksikan oleh orang yang tidak hidup seinasa dengan mereka, sehingga dia mengetahui kedudukan dan  martabat mereka, lantas dia bersungguh-sungguh dalam pencarian agar bisa menyusul mereka dan berpegang teguh dengan petunjuk mereka.
  2. Pada seorang Muslim akan berhimpun rangkuman pengalaman, ,sari pemikiran dan pendirian, lalu dia berpegang pada yang baikdan bersungguh-sungguh dalam pencarian.
  3. Mengetahui kemuliaan ilmu dan pengembannya. Jika para pedagang telah menyibukkan diri mereka dengan perdagangan, dan para raja menyibukkan diri mereka dengan berbagai urusan kerajaan, maka ulama telah menyibukkan diri mereka untuk menjaga agama Allah, menyebarkan syariatNya, dan menghidupkan Sunnah RasulNya.
  4. Orang Muslim akan semakin mencintai ulama terkemuka. Nabi  -Sholallahu Alaihi Wassalam- bersabda, “Seseorang itu bersama siapa yang dicintainya.” [HR. Al-Bukhari]. Maka, beruntunglah bagi siapa saja yang mencintai orang-orang yang memiliki ilmu dan kemuliaan yang abadi.
  5. Menyebarkan ilmu mereka, memetik fikih mereka, dan mengambil pelajaran dari saran dan nasihat mereka.

Berikut ini adalah para Ulama Ahlissunnah Wal Jama’ah:


Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: